Oleh: Laminar | Januari 6, 2009

Kepulauan Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa

Lokasi: Kepulauan Karimunjawa, kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Mungkin belum banyak yang pernah mendengar Kepulauan Karimunjawa, tetapi yang pernah kesana hampir dapat dipastikan merasa puas berada di kepulauan tersebut, apalagi para petualang.

Karimunjawa adalah gugusan 27 pulau besar dan kecil, surga bagi para penyelam dan yang ingin melakukan snorkeling. Kebanyakan pantainya adalah pasir putih seperti di Bali dengan ombak yang jinak sehingga cocok bagi yang membawa anak-anak. Pantainya juga banyak yang tidak berkarang sehingga cocok untuk berenang. Tempat ini juga surga bagi para pemancing. Dari memancing ikan sampai memancing cumi-cumi (sotong) dapat dilakukan hampir di berbagai lokasi dan pulau.

Saya bulan lalu kesana dua hari satu malam (kurang banget, beneran). Naik Kapal Motor Cepat (KMC) Kartini I dari Dermaga Airut, Pelabuhan Tandjoeng Emas, Semarang pada hari Sabtu jam 9am, kami diombang-ambingkan ombak tinggi laut utara selama 4 jam sebelum berlabuh di dermaga Karimunjawa.

Kami langsung dibawa ke homestay Hamfah yang dekat dengan pantai untuk makan siang lalu dibawa ke pantai tempat mancing cumi-cumi. Disana kita menyaksikan para penduduk lokal mancing sotong besar-besar.

Pohon roboh segan mati tak mau

Pohon roboh segan mati tak mau

Di sebelahnya ada pohon kelapa tertidur (roboh segan, mati tak mau) yang akhirnya jadi bulan-bulanan panjat-panjatan seru kita sembari bermain dengan yuyu yang langsung ngumpet di rumah masing-masing.

Setelahnya kita bertolak ke Pulau Kemojan, utara Pulau Karimun besar dengan mobil untuk menyaksikan hutan bakau dan perumahan suku Bugis (sekaligus berhenti sebentar di salah satu warung suku Bugis mencoba lemper ketan merah mereka – lupa deh namanya apa). Sepanjang perjalanan, kita disuguhi cerita-cerita seram dari Pak Sopir yang bikin perjalanan makin seru (?) :D

Sorenya kita diboyong ke Nirvana Resort (the best resort on the island) di Karimun besar untuk menonton sunset. Tapi ternyata dari Nirvana, sunsetnya ketutupan hutan palemnya mereka. Sunset paling bagus katanya ya dari pelabuhan.

Pagi-pagi buta di hari kedua, pukul 4.30am kita sudah langsung berjalan kembali ke Nirvana untuk menyaksikan sunrise, karena kata Pak Sopir yang orang lokal, paling bagus lihatnya ya dari situ. Sembari menunggu sunrise, kita bermain di pantai pasir putih di Nirvana bagai milik pribadi. Sayang banget, ternyata sunrisenya nggak sukses juga karena awannya tebel njlimet :(. Untungnya bermain di pantai yang bersih, asri, dan lembut menghapus rasa kecewa kita.

Kita langsung digiring buru-buru ke pasar tiban tradisional deket homestay. Disitu kita melihat aktifitas para penduduk lokal dan sempat membeli panganan lokal seperti Brayo, dll dengan harga luar biasa murah :) Puas potrat-potret dan membeli panganan lokal, kita lanjut ke pelabuhan untuk ngapal ke pulau-pulau di sekitar Karimun besar untuk snorkeling. Kalau ga salah kita snorkelingnya di Pulau Cemara dan Pulau Geleang sebelum ke Pulau Menjangan Kecil untuk berenang bareng hiu.

Snorkelingnya bagus banget. Lautnya bersih, terumbu karangnya kaya flora dan fauna. Luar biasa deh pokoknya. Cuman aja waktu itu gw menggigil kedinginan sampe jari-jari tangan gw mulai mati rasa gara-gara abis ujan jadi air dan anginnya brrrr…. usul gw kalo mau snorkeling emang enakan pake kaos dan celana, jangan cuma baju renang aja. Dingin abiz! Terus ati-ati nabrak karang karena kasar dan beberapa memang cukup dangkal jadi bisa nyeset badan ato kaki loe. Dari rombongan ber-6, 5 dapet oleh-oleh sesetan karang dari Karimunjawa *yuuk*.

Berenang bareng hiu itu juga seru. Secara hiu gitu ya. Mana mas nakhodanya sempet nakut-nakutin lagi, “Aman kok hiunya, selama ga ada darah.” Yeee, kita kan badan pada abis kena seset sana-sini, darah ngocor sana-sini abis snorkeling, dibilangin gitu rada-rada jiper juga sih. Pas udah ndeprok di pinggir kolam hiunya, ktia harus bertanya berkali-kali ke mas-mas dan mbak-mbak di sekitar situ: “Aman kan ya? Aman kan ya? Beneran nih?” Mereka sampe paduan suara: “Iyaaaa, amaaaaan.”

Mengejar Mas Hiu-Hiu

Mengejar Mas Hiu-Hiu

Pas baru mau masukin kaki, lahhh ada satu hiu yang ndeketin kita, langsung deh parno dan angkat kaki! Hiak hiak hiak! Ritual tanya-jawab “aman ga aman” kembali berkumandang. Setelah hiu-hiu terlihat agak jauh, kita pun nekat nyemplung. Pas berusaha menggapai para hiu, ternyata mereka kabur. Ngeliat gelagat gitu, jadi pede deh. Kita jadi ngejer-ngejer hiunya kesana-sini dan para hiu gelagapan melarikan diri kesana-sini juga! Hahahaha, ternyata hiunya takut sama orang! :D

Udah deh, abis puas snorkeling dan berenang bareng hiu, kita kembali dan bersiap pulang ke Semarang dengan kapal yang sama yang berangkat jam 2 siang.

Puas luar biasa.

Dokumentasi foto: Kristiargo

About these ads

Responses

  1. wuih keren yah
    akhir taun ini aku jg rencana kesana ma temen2,,,
    mau wisata kere,naek bis dari jogja.kira2 resort yg murah berapa duitnya?

  2. dari Jogja naik travel/bis aja ke Semarang. Dari Smg nanti naik kapal motor cepat (KMC) Kartini I yg berangkat Sabtu pagi jam 9am (ontime). Tiket kapal ada dua jenis, tp kalo termasuk yg gampang mabok enakan beli yg di geladak atas (dan siapin Antimo pastinya). tp kapalnya bagus kok :)

    Pengeluaran di KJ sendiri sebenernya sangat minim. Kalau mau yg backpacking seru, menginaplah di homestay penduduk lokal, banyak kok yg terawat baik (yg plg terkenal ya Hamfah, tp ada bbrp rumah penduduk lain yg jg dibuka utk penginapan, harga bervariasi, tp tetap tergolong murah). Selain mendapat kesan seakan menjadi penduduk lokal, makan pun terjamin 3x sehari ala lokal pun (mayoritas seafood, tp cara masaknya beda2 — sy jatuh cinta bgt sm makanan2 KJ).

    pengeluaran lain sih paling utk indomie mlm hari kalo begadang trs kelaperan, kasih tips ala kadarnya utk sopir dan tour guide (tetapi mereka ga serakah kok, kasih sesuai hati nurani aja, mrk akan membalas dgn senyum hangat :)), dan beli snack2 on the road (kt sempet nyobain mknan asli bugis di warung kepunyaan keluarga bugis).

    waktu itu sy pergi 2 hari semalam, total pengeluaran tidak sampai 700rb per orang all-in (dari Semarang sampai balik lagi ke Semarang — sdh tmsk akomodasi, transportasi dr dan ke Smg dan antar pulau KJ, mkn, snorkeling, dllsbst).

  3. waduuuh pictnya keren2 ya…. kok yang pada terbang dari kapal kok gak nongol ya…:)
    Kapan nee mau jalan2 ngikut yach yach yach….

  4. buat hilary dan mereka yg ingin ke karimun jawa tapi duit tipis jangan takut kalo cuma untuk penginapan kalian bisa numpang nginap di rumah orang kampung di duku BATU LAWANG saya jamin mereka nerima kalian dengan senangh hati , suku BUGIS di sana sangat menghormati para pendatang, kalian harus percaya soalnya gua ni kan anak sana alias ANAK OGI ,aku tunggu di sana ya

  5. bang kristi, tengkiu da ngingetin *ha ha ha* itu copyright fotonya udah ditaruh di artikel, sori kelupaan masukin (di artikelku tempat laen aku taruh namamu kok :P).

    kt pd rencana mo blk kesana juni/juli 2010, mo nyobain pas lautnya lebih adem dan tenang.

  6. wah kayanya asik bgt tuh liuran di KJ…..

    jdi pngen bgt……….

    ntr deh kalo liburan & ada duit mau ksna..
    hehehehehehe…….

    minta tips dan saran kalo dri jogja brpa biayanya??
    trus kalo mau wisata mancing di sna ada yg menyewakan alat pancing ngk??
    atau ada ngk paket wisata mancing dsna???

  7. seneng banget baca tulisan ini. mengingatkanku pada indahnya kampung halamanku. lah iya, wong saya lahir di sana.

    karimun jawaku yang indah……….

  8. Saya pernah ke karimun, pada bulan Desember 2008, pengeluaran ± 900ribu, all in, total perjalanan 1 minggu pas, dari bandung kembali ke bandung, nginep di homestay 4 malem, 1 malem di hotel :D , biar ngerasa jadi tamu bule , xixixi, puas keliling pulau, dengan Guide qta yg OK punya Mr. Alex :D :D :D

  9. mas,ada no telp guide jg sopir sewaan yg kalian gunakan waktu di karimun jawa?

  10. mas urfi,punya rekomendasi guide n mobil sewaan karimun jawa ga?

  11. @Etty: kalau sdh tahu mo nginep dmn, sekalian tanya org penginapannya untuk guide dan mobil sewaan aja. orang-orang KJ ramah dan sangat terbuka dengan para pengunjung kok :)

  12. ada tempat sewa alat snorkelling ga ? eh iya honeymoon enaknya nginep di resort atau homestay?
    kalo homestay kamarnya privat ga sih?
    trims ya infonya

  13. nice info…

    btw punya no contact orang sana?? untuk pengiapan dll.

  14. Ktanya ada kapal yg berangkat dari Jepara. Lokasi kita deketan ke Jepara soalnya. Jam berapa aja tuh pemberangkatannya ? n berapa hrg tiketnya? trus, mobil kita dititipin dimana ya ?

  15. yg minat ke karimunjawa bisa hubungi saya di no 081225320666,saya anak karimunjawa asli klo masalah biaya itu bisa di atur,…….pokonya paling murah se karimunjawa

  16. Kelihatanya lumayan menarik panorama bawah lautnya . Seakan memanggil dan merayu untuk menikmati keindahannya . Sembari memelihara kmampuan selam Den bagoes nie . . . .

  17. Hanya kasih info..saya sudah berkali2 ke di karimunjawa byak pilihan mau nginep di homestay apa hotel2..ada jg penginapan apung yg bersebelahan ma penangkaran ikan hiu..kalo pingin yg diresort ada beberapa pilihan salah satunya kura2 resort..bagi yg ingin kekarimunjawa skarang ada kapal cepat baru..namanya KMC BAHARI dr jepara menuju karimunjawa hanya 2 jam perjalanan laut jd g perlu deh acara mabuk2 laut..kalo bagi yg ingin wisata ke karimunjawa g mau ribet mikir biaya dan akomodasi di sana ikut aja paket wisata yg salah satunya dr wisata kita…kalo boleh saya kasih saran,bagi yg belum pernah ke karimunjawa dan ingin..lebih enak ikut paket wisata ada yg 4hr 3mlm..ada yg 3hr 2mlm rate harga dr 500rb – 600rb sudah include penginapan homestay,makan,snorkling,foto bawah laut,dll


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: